Pekan Teknik Kimia 24 #MOMENTS


Mahasiswa sebagai unsur perguruan tinggi perlu didorong dalam mengembangkan  diri untuk menjadi generasi madani dalam mewujudkan masa depan bangsa dan negara yang lebih baik. Sehubungan dengan itu, perguruan tinggi harus terus mengembangkan iklim yang demokratis agar dapat mendukung pelaksanaan kebebasan mimbar akademik serta iklim yang kondusif untuk berkreativitas dan berinovasi. Perguruan tinggi sebagai lembaga pendidikan sepatutnya selalu mendukung mahasiswa untuk mengembangkan pemikiran yang konstruktif dan kreatif baik dalam hal pengembangan ilmu, teknologi dan atau seni, maupun dalam pembangunan nasional secara menyeluruh.
Mahasiswa merupakan suatu komunitas yang idealis dan memiliki potensi dan kreatifitas yang dapat berkembang dan tersalurkan dalam suatu wadah yang positif. Untuk mewujudkan hal tersebut, mahasiswa perlu membentuk suatu kerangka format dalam penyaluran potensi dan kreatifitas agar lebih terarah kearah yang tentunya dapat membina rasa kebersamaan dan mewujudkan keakraban serta mempererat persatuan dan kesatuan dalam bentuk suatu kerja sama yang terjalin dalam suatu rangkaian kegiatan.
Mahasiswa tidak hanya menekuni ilmu dalam bidangnya saja, tetapi juga berkreativitas untuk mengembangkan kepribadian agar menjadi pemimpin yang berkualitas di masa yang kan datang. Mahasiswa telah diberi peluang untuk mengikuti kegiatan baik di dalam universitas maupun di lingkungan masyarakat luar Universitas. Pembinaan kemahasiswaan telah sedemikian rupa dijalankan, sehingga mahasiswa memiliki media untuk mengembangkan bakat dan minat serta berprestasi dalam berbagai hal.
Oleh karena itu, Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia Universitas Riau (HIMATEKI UNRI) Periode 2018/2019 mengadakan suatu kegiatan yang dapat dijadikan sebagai sarana untuk menyalurkan potensi yang ada di dalam diri mahasiswa yaitu rangkaian kegiatan yang diberi nama Pekan Teknik Kimia yang ke-24. Dengan adanya acara Pekan Teknik Kimia ini, HIMATEKI UNRI dapat memberikan kemajuan, perkembangan, serta sebagai salah satu kontribusi bagi mahasiswa Jurusan Teknik Kimia.
Dalam hal ini berdasarkan pertimbangan dan latar belakang tersebut maka kami selaku panitia pelaksana merasa perlu dukungan dari semua pihak untuk dapat sekiranya memberi dorongan motivasi baik secara moral maupun secara materil agar terselenggaranya kegiatan ini.
Pekan Teknik Kimia 24 terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan, yaitu:
1.      Lomba Karya Tulis Ilmiah, merupakan kompetisi yang diikuti oleh mahasiswa yang berstatus aktif di seluruh Indonesia. Perlombaan dilakukan tim yang terdiri dari 2-3 orang (1 orang ketua) dengan tema Implementasi Sains dan Teknologi dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam menuju Indonesia Mandiri.
2.      Seminar Nasional, merupakan rangkaian dari Lomba Karya Tulis Ilmiah yang diadakan dua hari setelah kompetisi tersebut dilaksanakan. Peserta seminar nasional adalah peserta yang mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah dan umum.
3.      Himateki Cup Jurusan Teknik Kimia, merupakan pertandingan dibidang olahraga yang diikuti oleh seluruh Civitas Teknik Kimia Universitas Riau serta alumni Teknik Kimia Universitas Riau sebagai ajang mempererat tali silaturahim antara mahasiswa, staf pengajar, dan alumni Teknik Kimia Universitas Riau. Adapun olahraga yang dipertandingkan antara lain tenis meja, badminton, catur, dan futsal.
4.      Sound of Reaction VII, merupakan perlombaan acoustic song dan solo song yang diikuti oleh mahasiswa dan umum se-Pekanbaru yang bertujuan untuk meningkatan kemampuan dan kreatifitas para peserta terutama dalam bidang seni.
5.      STK on The Road, merupakan acara akustik ceria jilid 2 yang diadakan di Car Free Day Jalan Diponegoro, Pekanbaru. Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan Sanggar Teknik Kimia (STK) di khalayak ramai dan sebagai wadah penyaluran bakat bagi masyarakat pengunjung Car Free Day tersebut.
6.      Desa Binaan, merupakan kegiatan dari Pekan Amal Teknik Kimia PTK 24. Acara ini merupakan wujud nyata dedikasi dan pengabdian HIMATEKI UNRI kepada masyarakat dalam bidang keteknikan terkhususnya, bidang Teknik Kimia.
7.      Himateki Mengajar, merupakan kegiatan dari Pekan Amal Teknik Kimia PTK 24. Acara ini merupakan wujud pengabdian HIMATEKI UNRI kepada masyarakat.
8.      Ayo Masuk Teknik Kimia, merupakan agenda sosialisasi Teknik Kimia kepada siswa/i SMA/SMK se-Pekanbaru. Kegiatan ini diharapkan membawa minat siswa/i yang akan melaksanakan ujian SBMPTN yang berminat untuk kuliah di Teknik Kimia. Acara ini merupakan kerja sama HIMATEKI UNRI dan BKKMTKI.
9.      Tabligh Akbar, merupakan rangkaian kegiatan pembukaan PTK 24 yang akan diikuti oleh seluruh civitas Teknik Kimia dan umum yang bertujuan untuk memberikan siraman rohani kepas seluruh civitas serta mendoakan kelancaran acara PTK 24.
10.  SZA Cup, merupakan pertandingan PES yang termasuk dalam rangkaian kegiatan pembukaan PTK 24 yang akan diikuti oleh mahasiswa/i Teknik Kimia sebagai ajang mempererat tali silaturahim antara civitas Teknik Kimia.


Comments