Kunjungan Industri HIMATEKI UNRI


Kunjungan Industri merupakan kegiatan yang ditaja oleh Dinas HUMAS HIMATEKI UNRI yang bertujuan unutk memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam dunia industri. Kunjungan industri yang dilakukan dibagi menjadi dunia jenis, yaitu:
·         Kunjungan Industri Dalam Riau
Merupakan kunjungan industri yang dilakukan ke pabrik industri yang ada di wilayah provinsi Riau
·         Kunjungan Industri Luar Riau
Kunjungan industri yang dilakukan ke pabrik yang berada di luar wilayah provinsi Riau
Kunjungan Industri Dalam Riau dilakukan sebanyak dua kali, yaitu
·         Pertamina RU II Dumai
·         PT. Riau Andalan Pulp and Paper
KI Dalam Pertamina dilakukan pada hari Selasa, 28 September 2018. Kunjungan Industri Dalam Riau (KI Dalam) pada pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 13.40 WIB di Ruangan Audio Visual PT. PERTAMINA RU II DUMAI.
Acara Kunjungan Industri ini dibuka oleh MC dan dilanjutkan dengan penjelasan Health Safety Environment (HSE) Pertamina dan dilanjutkan dengan Kata Sambutan dari Kakanda Agustiawan (TK'99) selaku Unit Manager Comn, & CSR RU II, lalu dilanjutkan Kata Sambutan dari perwakilan Dosen UNRI Bapak Dr. Said Zul Amraini, ST, MT, dan dilanjutkan dengan Kata sambutan dari IKATEKIM UNRI Regional Dumai oleh Kakanda Rahmat Fauzi (TK'04).
Selanjutnya Kunjungan Industri ini dilanjutkan dengan Pemaparan tentang Pertamina RU II Dumai oleh Kakanda Agustiawan (TK'99) dan dilanjutkan dengan Pemaparan Konfigurasi Kilang RU II Dumai oleh Kakanda Fakhruddin Heru (TK'06). Selanjutnya peserta di bawa keliling untuk melihat Kilang RU II Dumai dan dibimbing oleh Bapak Dr. Said Zul Amraini, ST, MT dan Ibu Dr. Desi Heltina, ST, MT selaku Dosen Pembimbing Kunjungan Industri Dalam Riau (KI Dalam), dan Kakanda Agustiawan (TK'99) serta Kakanda Fakhruddin Heru (TK'06).
Selanjutnya Kunjungan Industri ini dilanjutkan dengan Temu Ramah IKATEKIM UNRI Regional Dumai pada pukul 16.40 WIB sampai dengan pukul 19.10 WIB di Rumah Makan Pujasera Jl. Bukit Datuk, Dumai.
Temu Ramah IKATEKIM UNRI Regional Dumai dihadiri oleh  Kakanda Benny Saputra (TK'02), Kakanda Faisal Putra (TK'02), Kakanda Fuad Nugroho (TK'03), Ayunda Fauziah R. Purnama (TK'04), Kakanda Rahmat Fauzi (TK'04), Ayunda Diana Lestari (TK'04), Kakanda Fakhruddin (TK'06), Ayunda Agustin Wulandari (TK'09), Kakanda Petter (TK'12), Kakanda Lukman arifin (TK'12), Kakanda Benny setiawan (TK'12), dan Kakanda Grenardus (TK'12). Temu ramah ini dibuka oleh MC dan dilanjutkan dengan Kata Sambutan dari perwakilan Dosen UNRI Bapak Dr. Said Zul Amraini, ST, MT kemudian dilanjutkan dengan sharing pengalaman kemudian di akhiri dengan sesi foto bersama.
Kunjungan Industri Dalam Riau yang kedua dilakukan pada hari Selasa, 18 Desember 2018. Kunjungan Industri Dalam Riau (KI Dalam) pada pukul 11.00 WIB sampai dengan pukul 15.30 WIB di PT. Riau Andalan Pulp and Paper.
Acara Kunjungan Industri ini dibuka oleh Ayunda Emi Khairani selaku MC dan dilanjutkan dengan penjelasan sejarah RAPP, Kota Pangkalan Kerinci, dan sejarah tentang Tanoto serta dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Selanjutnya Kunjungan Industri Dalam Riau ini dilanjutkan ke bagian Kerinci Central Nursery (KCN) dan dilanjutkan dengan Kunjungan Rumah Batik di BPPUT TOWNSITE 2 PT Riau Andalan Pulp and Paper Kerinci Central Nursery (KCN).
Selanjutnya Kunjungan Industri ini dilanjutkan dengan Temu Ramah IKATEKIM UNRI Regional Pelalawan pada pukul 16.30 WIB sampai dengan pukul 18.00 WIB di Foodcourt Townsite 1 Riau Andakan Pulp and Paper.
Temu Ramah IKATEKIM UNRI Regional Pelalawan dihadiri oleh Ayunda Devi Mardaleni (TK'89), Kakanda Efendi (TK'89), Kakanda Azhar (TK'91), Kakanda Habib Ramadhan (TK'05), Kakanda Randi (TK'09), Kakanda Febri (TK'09), Kakanda Raja (TK'10), Kakanda Arbi (TK'10), Kakanda Muhammad Amri (TK'11), Kakanda Apriadi Lubis (TK'11), Kakanda Febian Rahman (TK'12), Kakanda Ahmad Zaki (TK'12), Kakanda Fajri (TK'14), Kakanda Alfi (TK'14), dan Ayunda Dora (TK'15) Temu ramah ini dibuka oleh MC dan dilanjutkan dengan Kata Sambutan dari perwakilan Dosen UNRI Bapak Ir. Irdoni Hs MS, kemudian dilanjutkan dengan sharing pengalaman kemudian di akhiri dengan sesi foto bersama.
Terimakasih kepada PT. Riau Andalan Pulp and Paper, Bapak Drs. Irdoni Hs MS dan Bapak Ir. Amrizal MT selaku Dosen Pembimbing Kunjungan Industri Dalam Riau (KI Dalam), IKATEKIM UNRI Regional Pelalawan dan peserta Kunjungan Dalam Riau (KI Dalam) yang telah meluangkan waktunya untuk hadir pada Acara Kunjungan Industri Dalam Riau (KI Dalam). Dan juga terimakasih kepada seluruh pantia yang telah berkontribusi dalam mensukseskan acara Kunjungan Industri Dalam Riau (KI Dalam).

Kunjungan Industri Luar Riau telah dilakukan pada tanggal 10-14 januari 2019. Kunjungan Industri Luar yang ditaja oleh HIMATEKI UNRI. Pada hari pertama peserta, dosen dan panitia Kunjungan Industri Luar melakukan perjalanan menuju Kota Palembang, sesampainya disana peserta menuju Masjid Agung Sultan Mahmud Baharuddin 1 selanjutnya pada hari ketiga peserta berkunjung ke Pulau Kamaro, dan Stadion Gelora Sriwijaya serta Jembapatan Ampera.
Dilanjutkan pada hari ke-empat dengan Kunjungan Industri Luar ke PT. Pupuk Sriwidjaja Palembang. Pada Kunjungan Industri Luar ke PT. Pupuk Sriwidjaja Palembang ini disampaikan tentang pemaparan pembuatan Pupuk Sriwidjaja Palembang oleh Bapak Riezky N. Vsema selaku Dept. Randel Pusri dan dilanjutkan dengan tour pabrik PT. Pupuk Sriwidjaja Palembang. Selanjutnya dilanjutkan ke Universitas Sriwijaya dan disambut di Ruang Dekanat Fakultas Teknik UNSRI, kemudian dilanjutkan dengan Kata Sambutan dari Wakil Dekan 3 UNSRI oleh Bapak Ir. H. Hairul Alwani. HA, MT. dan Kata Sambutan dari Ibu Komalasari, ST, MT selaku Dosen Pembimbing Kunjungan Industri Luar 2019. Kemudian rombongan Kunjungan Industri Luar di lanjutkan ke Ruang Seminar Jurusan Teknik Kimia dan disampaikan Kata Sambutan dari pihak Jurusan Teknik Kimia UNSRI Bapak Dr. Ir H. Syaiful, DEA kemudian dilanjutkan dengan Kata Sambutan dari pihak Jurusan Teknik Kimia UNRI oleh Ibu Komalasari, ST, MT serta dilanjutkan dengan pemaparan tentang Jurusan Teknik Kimia UNSRI oleh Ibu Dr. Ir. Hj. Leily Nurul Qomariah, ST, MT dan dilanjutkan dengan pengenalan seputar IMATEK dan CERC oleh Bupati IMATEK yaitu Kakanda M. Rifqy. Selanjutnya peserta melakukan tour laboratorium Teknik Kimia UNSRI yang dibimbing oleh Mahasiswa/i UNSRI.
Terimakasih kepada Ibu Desi Heltina, ST, MT dan Ibu Komalasari, ST, MT selaku dosen pembimbing Kunjungan Industri Luar 2019. Dan terimakasih kepada pihak PT. Pupuk Sriwidjaja Palembang yang telah memberikan ilmu dan wawasan yang sangat berharga, dan terimakasih kepada pihak Jurusan Teknik Kimia UNSRI serta IMATEK yang telah menyambut dan memberikan pengalaman serta ilmunya serta terimakasih kepada seluruh peserta Kunjungan Industri Luar 2019 yang telah berantusias dan sangat semangat dalam Kunjungan Industri Luar 2019 ini dan tak lupa pula terimakasih kepada seluruh Panitia Kunjungan Industri Luar 2019 yang telah bersama-sama menyukseskan Kunjungan Industri Luar 2019. Semoga Ilmu yang diperoleh bermanfaat.
Penasaran gimana keseruan Kunjungan Industri Luar 2019 kali ini? Ayo lihat videonya diatas dan kunjungi youtube HIMATEKI UNRI!!
Berikut linknya:
https://youtu.be/yghbDaw5q8M (link on bio)


Comments