PEKAN TEKNIK KIMIA 23

PEKAN TEKNIK KIMIA 23

Act To Be The Great Masterpiece in The Most Fantastic Party Chemical Engineering (ATMOSPHE23)
            Bonjour PTK!

            Tahun ini HIMATEKI sudah berusia 23 tahun loh, tepatnya pada tanggal 7 April 2018 lalu. Rangkaian acara telah dipersiapkan untuk memeriahkan milad HIMATEKI yang dikenal dengan PTK 23 “Pekan Teknik Kimia 23” yang mengangkat tema “Atmosphere 23” HIMATEKI (Act to be the Great Masterpiece in the most Fantastic Party Chemical Engineering). Selain bertujuan untuk memeriahkan milad, PTK 23 juga bertujuan untuk menjalin silaturahmi mahasiswa se-Indonesia dan mengembangkan bakat dibidang ilmiah,  serta memberikan informasi kepada mahasiswa dalam Seminar Nasional. Menarik bukan?

            Atmosphere 23 berlangsung kurang lebih selama 1 bulan yang dibuka dengan acara STK on the Road pada tanggal 18 Maret 2018 tepatnya di area Car Free Day. Pada acara ini, tim STK menampilkan akustik, solo song, dan tari jaipong. Jurusan bukan hambatan untuk berkreasi bukan? Walaupun teknik kimia tetap berbakat seni dong ya.

            Acara Atmosphere 23 selanjutnya yaitu Himateki Cup, pertandingan dibidang olahraga yang diikuti oleh seluruh Civitas Teknik Kimia Universitas Riau serta alumni Teknik Kimia Universitas Riau sebagai ajang mempererat tali silaturahim antara mahasiswa, staf pengajar, dan alumni Teknik Kimia Universitas Riau. Adapun olahraga yang dipertandingkan antara lain tenis meja, badminton, catur, dan futsal.

            Selain berprestasi dibidang akademik, kemampuan wirausaha juga merupakan hal penting yang harus dikuasai mahasiswa khususnya dibidang Teknik Kimia. Atmosphere 23 juga mengadakan Seminar Kewirausahaan dan Business Plan yang bertujuan meningkatkan kemampuan dan memperluas wawasan mahasiswa seputar wirausaha. Acara ini berlangsung pada tanggal 31 Maret 2018 dan terbuka untuk umum.

             Atmosphere 23 juga mengadakan event nasional loh. Yaitu lomba karya tulis ilmiah nasional dan seminar nasional yang mengangkat tema ‘optimasi potensi alam Indonesia melalui inovasi teknologi menuju kemandirian bangsa. Luar biasa bukan?

Selama satu pekan, HIMATEKI gencar mensosialisasi Teknik Kimia kepada siswa/i SMA/SMK se-Pekanbaru dalam acara Ayo masuk Teknik Kimia. Kegiatan ini diharapkan membawa minat siswa/i yang akan melaksanakan ujian SBMPTN untuk kuliah di Teknik Kimia. Acara ini merupakan kerja sama HIMATEKI UR dan BKKMTKI. Perayaan Anniversary HIMATEKI ke-23 berlangsung meriah di Lobby Fakultas Teknik. Yang dihadiri oleh Seluruh Civitas Teknik Kimia, Gubernur Fakultas Teknik dan petinggi HMJ se-Fakultas.

Tak hanya itu, Atmosphere 23 juga memiliki acara lain yang tak kalah seru. Dan puncak dari Atmosphere 23 adalah Sound of Reaction V dan Stand Up Comedy yang diadakan di Hotel Grand Suka. Sound of Reaction V, merupakan perlombaan akustik yang diikuti oleh mahasiswa dan umum se-Pekanbaru. Acara disambut antusias oleh berbagai khalayak, euforia remaja pekanbaru sangat tinggi dalam mengikuti Sound of Reaction dan Stand Up Comedy.


Berikut ini adalah deskripsi kegiatan dari setiap acara Pekan Teknik Kimia 2018 :

STK On The Road
Acara STK On The Road menampilkan musik dan tarian dari Sanggar Teknik Kimia UR yang beranggotakan Civitas Teknik Kimia UR yang ditaja oleh Kepanitiaan Pekan Teknik Kimia 2018 yang bekerja sama dengan Dinas Minat dan Bakat HIMATEKI UR. Kegiatan ini berlangsung di Car Free Day (CFD) Jl. Diponegoro. Tujuan dari acara ini yaitu untuk memperkenalkan STK kepada masyarakat, selain itu dilakukan juga penggalangan dana yang merupakan bagian dari kegiatan Pekan Amal Teknik Kimia dan membagikan informasi seputar Sound Of Reaction VI kepada khalayak ramai.

HIMATEKI CUP
Acara HIMATEKI CUP memiliki 4 (empat) cabang pertandingan yaitu, tenis meja, badminton, catur dan futsal. Adapun deskripsi kegiatan dari tiap cabang sebagai berikut.
·         Pertandingan Tenis Meja untuk civitas Teknik Kimia dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 24 Maret 2018 yang bertempat di Ruang D dan Lobi Fakultas Teknik UR. Pertandingan ini diikuti oleh berbagai kalangan dari civitas Teknik Kimia termasuk alumni serta dosen yaitu pada cabang tunggal putra dengan jumlah peserta yaitu sebanyak 32 orang. Technical Meeting dilakukan pada hari Jum’at tanggal 23 Maret 2018 di ruang D pukul 16.00 WIB. Acara dimulai pada pukul 08.00 WIB dan berakhir sampai dengan 17.00 WIB. Pertandingan ini dimenangkan oleh Ramdani Asywal (Teknik Kimia’14) sebagai Juara I dan Apryanto Sinaga (Teknik Kimia’17) sebagai Juara II.
·         Pertandingan Badminton diselenggarakan dengan pesertanya yaitu civitas Teknik Kimia. Kegiatan ini dilaksakan pada hari Minggu tanggal 25 Maret 2018 di GOR Giant Panam. Pada pertandingan ini dilakukan dalam berbagai cabang yaitu, Ganda Putra, Ganda Putri, Tunggal Putra dan Tunggal Putri. Technical Meeting dilakukan pada hari Jum’at tanggal 23 Maret 2018 di ruang D pukul 16.00 WIB. Acara ini berlangsung dari pukul 08.00-20.45 WIB. Pertandingan ini dimenangkan oleh :
1)      Juara I (Ganda Putra) : Pak Irdoni dan Syabrinur Fadilah (Teknik Kimia’17)
2)      Juara II (Ganda Putra) : Marihot dan Ari (Teknik Kimia’11)
3)      Juara I (Ganda Putri) : Detria dan Yulia Fitri (Teknik Kimia’17)
4)      Juara II (Ganda Putri) : Herlili Veronika dan Adriani Putri L. (Teknik Kimia’15)
5)      Juara I (Tunggal Putra) : Tarsensius (Teknik Kimia’11)
6)      Juara II (Tunggal Putra) : Syabrinur Fadilah (Teknik Kimia’17)
7)      Juara I (Tunggal Putri) : Detria (Teknik Kimia’17)
8)      Juara II (Tunggal Putri) : Ellyn Silviana  (Teknik Kimia’15)
·         Pertandingan Catur dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 31 Maret 2018 di ruang D Fakultas Teknik UR. Pertandingan ini diikuti oleh civitas Teknik Kimia dengan jumlah peserta sebanyak 31 orang. Acara ini berlangsung dari pukul 08.00 dan berakhir pada pukul 16.30 WIB. Pertandingan catur ini dimenangkan oleh Muhammad Fadlan Afuadi (Teknik Kimia’16) sebafai Juara I dan Ilman Azhari (Teknik Kimia’16) sebagai Juara II.
·         Pertandingan Futsal diselenggarakan pada hari Minggu tanggal 01 April 2018 di Andi’s Futsal yang berlangsung dari pukul 08.00-10.30 WIB. Pertandingan ini diikuti oleh civitas Teknik Kimia UR, alumni dan dosen. Pertandingan ini dimenangkan oleh Pejuang Toga FC (Teknik Kimia D3 B’16) sebagai Juara I dan Boboy FC (Teknik Kimia D3’15) sebagai Juara II serta sebagai Top Scorer yaitu Oloantry Sihaloho (Teknik Kimia’14) yang mencetak sebanyak 10 goals.

Seminar Kewirausahaan dan Business Plan
Kegiatan ini ditaja oleh Kepanitiaan Pekan Teknik Kimia 2018 yang bekerja sama dengan Dinas Kewirausahaan HIMATEKI UR. Seminar Kewirausahaan dan Business Plan memiliki tema yaitu Mengembangkan Bakat Kewirausahaan untuk Meningkatkan Ekonomi Kreatif sebagau Pengusaha Muda. Pemateri pada seminar kewirausahan yaitu Bayu Fernando, seorang pengusaha Rumah Jamur Nando dan Motivator Entrepeneur, sedangkan Business Plan merupakan perlombaan pembuatan proposal usaha atau bisnis pada bidang skala mikro dan menengah yang diikuti oleh seluruh kalangan, baik civitas akademika Universitas Riau maupun Universitas lainnya yang ada di kota Pekanbaru, salah satunya yaitu Universitas Sultan Syarif Qasim (UIN SUSQA). Adapun juri pada perlombaan ini yaitu Bapak Idral Amr, Bapak Said Zul Amraini, Bapak Irdoni selaku dosen-dosen Teknik Kimia dan Melisa Adrian (Teknik Kimia’12). Business Plan pada skala menengah dimenangkan oleh proposal dengan judul “Kusang Biduan (Kulit Pisang dan Biji Durian) sebagai Juara I yang beranggotakan Mahasiswa/i Teknik Kimia S1 A’16, sebagai Juara II yaitu Mahasiswa/i Teknik Kimia S1 C’16 dengan judul proposal yaitu “Secret Wood Ring”, sedangkan pada skala mikro dimenangkan oleh proposal dengan judul “Pokenan.com” sebagai Juara I yang beranggotakan Mahasiswa/i Universitas Sultan Syarif Qasim (UIN SUSQA), dan Juara II dengan judul proposal yaitu “CB Shoes (Six in One Package)” yang beranggotakan Mahasiswa/i Teknik Kimia S1 B’16. Acara ini berlangsung dari pukul 08.00 dan berakhir pukul 17.00 WIB.

Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN)
Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) ini diselenggarakan dari tanggal 06 Januari – 06 April 2018 dengan tema “Optimalisasi Potensi Alam Indonesia Melalui Inovasi Teknologi Menuju Kemandirian Bangsa”. Pendaftaran dan pengumpulan LKTIN dilakukan sebanyak 3 (tiga) gelombang, gelombang I yaitu pada tanggal 31 Januari 2018, gelombang II yaitu pada tanggal 15 Februari 2018 dan gelombang III yaitu pada tanggal 02 Maret 2018. LKTIN diikuti oleh 50 tim dari berbagai Universitas yang ada di Indonesia. Sesi persentase finalis yang terpilih dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 04 April 2018 di Ruang DPH Fakultas Teknik UR yang diikuti oleh 15 tim finalis terpilih. Acara ini berlangsung dari pukul 10.00 WIB dan berakhir pada pukul 16.00 WIB. Adapun juri pada perlombaan ini yaitu Ibu Zultiniar, Ibu Yelmida, Ibu Yusnimar dan Ibu Desi Heltina selaku dosen-dosen Teknik Kimia UR. Pengumuman tim finalis yang menang pada hari Jum’at tanggal 06 April 2018 di Aula Rektorat Lt. 4 Universitas Riau, pemenangnya adalah sebagai berikut.
1)      Juara I : Universitas Ahmad Dahlan
2)      Juara II : Universitas Diponegoro
3)      Juara III : Universitas Hasanuddin
4)      Harapan I : Universitas Islam Indonesia
5)      Harapan II : Universitas Riau
6)      Harapan III : Universitas Airlangga

Seminar Nasional
Seminar Nasional dengan tema “Optimalisasi Potensi Alam Indonesia Melalui Inovasi Teknologi Menuju Kemandirian Bangsa” berlangsung pada hari Jum’at tanggal 06 April 2018 di Aula Rektorat Lt. 4 Universitas Riau dengan pemateri yaitu Bapak Zulfansyah Zul, ST, Mba (Kementrian ESDM) dan Bapak Bagos Armansyah ST, SE (Chevron Pacific Asia Indonesia). Acara ini berlangsung dari pukul 09.30 dan berakhir pukul 14.00 WIB.

Ayo Masuk Teknik Kimia
Ayo Masuk Teknik Kimia merupakan agenda sosialisasi Teknik Kimia kepada siswa/i SMA/SMK se-Pekanbaru. Kegiatan ini diharapkan membawa minat siswa/i yang akan melaksanakan ujian SBMPTN yang berminat untuk kuliah di Teknik Kimia. Acara ini merupakan kerja sama HIMATEKI UR dan BKKMTKI. Sekolah yang sudah dikunjungi yaitu SMA Negeri 06 Pekanbaru pada hari Kamis tanggal 05 April 2018 yang berlangsung dari pukul 08.00 dan berakhir pukul 12.00 WIB.

Anniversary of HIMATEKI 
Anniversary of HIMATEKI merupakan perayaan ulang tahun HIMATEKI UR yang ke 23 tahun yang berlangsung pada hari Sabtu tanggal 07 April 2018 di Lobi Fakultas Teknik UR. Acara ini dihadiri oleh civitas Teknik Kimia UR, alumni dan dosen-dosen serta perwakilan HIMA Universitas Riau yang dimulai dari pukul 08.00-12.00 WIB. Sedangkan acara Ranking I merupakan kegiatan perlombaan cerdas cermat yang diikuti oleh 100 orang peserta dari civitas Teknik Universitas Riau yang dimulai dari pukul 13.00 WIB dan berakhir pukul 15.30 WIB serta berlangsung di Lobi Fakultas Teknik UR. Perlombaan ranking I dimenangkan oleh Iqamatuddin Alhadid (Teknik Kimia’16) sebagai Juara I dan Mertwysef Devraj (Teknik Kimia’17) sebagai Juara II.

Pekan Amal Teknik Kimia
Pekan Amal Teknik Kimia yang dilaksanakan yaitu HIMATEKI Mengajar dan Peduli Anak Jalanan yang ditaja oleh Kepanitiaan Pekan Teknik Kimia 2018 dan Dinas Kerohanian HIMATEKI UR. HIMATEKI Mengajar diselenggarakan pada hari Jum’at tanggal 13 April 2018 di SD Cerdas Kualu (SD Negeri 79 Pekanbaru) yang dimulai dari pukul 09.00-11.30 WIB. Kegiatan ini bertujuan sebagai pengabdian HIMATEKI UR kepada masyarakat. Siswa/i SD Cerdas Kualu terlihat antusias mengikuti kegiatan yaitu belajar bagaimana cara membuat sabun cuci piring hingga gotong-royong lingkungan sekolah oleh siswa/i dan panitia-panitia. Sedangkan kegiatan Peduli Anak Jalanan bekerja sama dengan Mahasiswa Peduli Anak Jalanan (MAPAN) Universitas Riau. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 13 April 2018 di Rumah Pengungsian Anak Jalanan Pekanbaru. Kegiatan yang dilakukan yaitu pembagian sembako-sembako dan berlangsung dari pukul 14.00 hingga 17.00 WIB.

Sound of Reaction VI

Sound of Reaction VI, merupakan perlombaan acoustic song, solo song dan stand up comedy yang diikuti oleh mahasiswa dan umum se-Pekanbaru. Kegiatan ini berlangsung pada hari Sabtu tanggal 14 April 2018 di Hotel Grand Suka, Pekanbaru. Acoustic song diikuti oleh 6 (enam) tim, solo song 21 (dua puluh satu) orang dan stand up comedy sebanyak 7 (tujuh) orang. Acara ini berlangsung dari pukul 09.00-18.00 WIB. Perlombaang bidang solo song dimenangkan oleh Kenet sebagai Juara I, Danisa sebagai Juara II dan Adit sebagai Juara III, sedangkan perlombaan bidang acoustic dimenangkan oleh Cafofena sebagai Juara I, Water Process sebagai Juara II dan Agrokustik sebagai Juara III.

Comments