Leadership Basic Training (LBT) 1

Leadership Basic Training (LBT) 1

Belakangan ini banyak perubahan yang terjadi dilingkungan masyarakat ini. Perubahan-perubahan yang terjadi di bangsa ini tidak pernah lepas dari peranan mahasiswa dalam gerakan moralnya dan mereka sebagai kelompok menengah dalam strata kehidupan bangsa berupaya mengadakan perubahan yang tidak kunjung lelah dan stigma agent of change and social of control tidak pernah terlepas dari pundak mahasiswa yang berintelektual dan bermoral. Tidak bisa dipungkiri bahwa mahasiswa nantinya akan menjadi pemimpin masa depan yang diharapkan bisa membawa nilai-nilai idealis saat ia memegang tampuk kekuasaan dan mahasiswa sebagai bagian bangsa Indonesia yang memiliki kepedulian tinggi tehadap permasalahan rakyat tanpa mengedepankan kepentingan pribadi atau kelompok. Mahasiswa memiliki peran penting sebagai pelopor, akselerator dan motivator yang akan mengarahkan kehidupan masyarakat menjadi lebih baik. Dengan kemampuan intelektual, moral dan sosial yang dimilikinya sudah selayaknya mahasiswa mampu memberikan solusi terhadap problematika yang muncul dalam masyarakat yang telah membeku menuju kearah suatu perubahan. Namun realitanya, semangat, tenaga dan fikiran yang dimiliki mahasiswa belum teroptimalkan sehingga sulit untuk memberikan perubahan nyata bagi kehidupan bangsa ke depan.
Berdasarkan begitu besarnya problematika yang dihadapi bangsa, memotivasi HIMATEKI UR untuk memberikan suatu kontribusi berupa penggalian potensi yang ada pada setiap unsur yang dimiliki mahasiswa agar memiliki kompetensi di bidangnya. Sehinggga setiap pergerakan menjadi suatu kekuatan intelektual dan bermoral yang dapat memberikan suatu harapan dan perbaikan menuju kearah perubahan bangsa yang lebih baik.
Dengan mengadakan Leadership Basic Training (LBT) I diharapkan nantinya memberikan kemampuan dan pemahaman kepada mahasiswa dalam mengambil langkah-langkah strategis untuk melakukan suatu perubahan kebijakan publik yang bertujuan demi tercapainya keadilan sosial. Semoga apa yang kita perjuangkan bersama untuk negeri tercinta ini mendapat Ridho-Nya, sehingga kebahagiaan hidup dunia dan akhirat dapat kita rasakan bersama.
Acara Leadership Basic Training ( LBT) I ini berlangsung di Gedung Kelembagaan FT UR. Adapun tema dari kegiatan ini adalahLearn to Lead, and be the Leader. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 12 November  2017 dimulai pada pukul 08.00 WIB. Kegiatan ini dilaksanakan selama 1 hari yang diikuti oleh 109  mahasiswa/i Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Riau angkatan 2017.
Pelaksanaan dari kegiatan ini di buka dengan pembacaan ayat suci Al-Quran, selanjutnya kata sambutan ketua pelaksana M. Teguh Afnel lalu bupati HIMATEKI yang diwakili oleh saudara Sandi Sudarsono dan terakhir kata sambutan dari Ketua Jurusan Teknik Kimia Pak Ahmad Fadli, ST., MT., PhD. Kegiatan selanjutnya yaitu pemberian materi manajemen organisasi dan akademik oleh Saudara  Hariadi, peserta antusias dan aktif saat materi berlangsung. Dipenghujung materi, peserta dan panitia diberikan kesempatan untuk melakukan pemetaan diri.

 Setelah mendengarkan materi I, peserta dan panitia melaksanakan ISHOMA dan acara kembali dimulai pada pukul 12.30 wib. Materi II dibawakan oleh Saudara Bima Wandika Putra dengan tema kepemimpinan, dan materi terakhir tentang Team Work disampaikan oleh Saudara Fajri Febriano Mukti. Pemberian Materi berakhir pada pukul 14.30 wib dan acara ditutup dengan menyanyikan Mars HIMATEKI.

Comments